submitt

Puting beliung kembali terjadi di Lumajang

2:34 AM | , , , , , , , ,


SumbersukoNews. Hujan deras yang disertai angin puting beliung melanda Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dampak yang ditimbulkan 115 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan baik parah maupun ringan..

Warga turut serta dalam membersihkan lokasi
"Dua kecamatan terdampak oleh puting beliung yaitu Kecamatan Padang dan Kecamatan Gucialit. Kejadian hanya berlangsung 15 menit," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senin (6/5/2013).

Bencana alam ini terjadi pukul 14.30 WIB sore tadi. Di Kecamatan Padang, terjadi di Desa Bodang menyebabkan 65 rumah rusak, 1 SD Negeri Bodang rusak ringan, kantor Polsek rusak ringan dan kantor Dinas Tanaman Pangan juga rusak ringan. Sedangkan di Kecamatan Gucialit terdapat 50 rumah rusak ringan, 2 tiang listrik roboh sehingga listrik padam dan beberapa pohon tumbang.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang segera melakukan penanganan bencana bersama dinas dan instansi terkait. Pendataan masih dilakukan. Mengingat kondisi gelap pada sore tadi maka penanganan akan dilanjutkan besok pagi," ujar Sutopo.

Masyarakat di himbau untuk selalu waspada dari ancaman angin puting beliung. Hingga saat ini belum ada sistem peringatan dini angin puting beliung. Sifatnya yang sesaat dan lokal menyebabkan sulitnya memprediksi puting beliung.

Puting beliung saat ini menjadi ancaman bencana yang makin meningkat. Pada tahun 2012, puting beliung adalah bencana terbanyak kejadiannya di Indonesia yaitu 31 persen dari 1.847 kejadian bencana. Dan di wilayah Kabupaten Lumajang sendiri ini merupakan kali ketiga setelah di Kecamatan Sumbersuko awal Maret lalu. (MetroNews)

0 comments:

Post a Comment