submitt

Daftar ke KPU bertema Hari Kartini

8:32 PM | , , ,

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan partai Gerindra mendaftarkan Calegnya ke KPU Surabaya, Minggu(21/04/2013).

Datang dengan jadwal hampir bebarengan kedua partai tersebut mengusung sejumlah Caleg perempuannya sebagai bukti terpenuhinya kuota 30% keterwakilan perempuan di daftar pencalegan.

Ketua DPC PKB , Syamsul Arifin menyebut partainya telah memenuhi kuota calon legislatif perempuan pada daftar Calon legislatif Sementara yang diserahkan kepada KPU Surabaya. PKB, lanjut Syamsul,mengusung sekitar 17 Caleg perempuan, meskipun tidak ada yang bertengger di nomor urut satu.

"Soal posisi di nomor urut Caleg perempuan tidak masalah, tapi kita sudah menempatkannya sesuai ketentuan. Ini sebenarnya hanya masalah startegi, bukan lelaki harus di atas atau perempuan wajib di bawah," terang Syamsul.

Sementara itu ketua DPC partai Gerindra, BF Sutadi peda kesempatan yang sama menegaskan dengan kekeuatan 17 Caleg perempuan Gerindra optimis akan mendulang suara yang lebih banyak dalam Pemilu 2014.
Dan senada dengan PKB, meskipun tidak ada caleg perempuan yang berada di nomor urut satu, Sutadi tetap yakin partainya sudah memenuhi kuota sesuai ketentuan. "Posisi nomor urut Caleg perempuan,meski tidak di nomor satu tapi ada beberapa yang berada di nomor urut dua. Tapi, sebenarnya hal itu tidak masalah sebab saat ini mekanisme Pemilu tidak berdasarkan nomor urut, tapi siapa suara terbanyak," terang Sutadi.

Hal senada disampaikan pula oleh Sekretaris DPC gerindra Surabaya, Edi Rosianto yang menyebut partainya optimis mengeruk suara sebanyak-banyaknya dalam pemilu tahun depan dengan kekuatan caleg perempuannya.

"Yang jelas kekuatan Caleg perempuan kita cukup mumpuni, selain bukti dalam pemilu lalu salah satu keterwakilan kita adalah perempuan , dalam daftar Caleg kali ini perempuan yang kita bawa berasal dari berbagai unsur, baik pengsurus, PAC ataupun organisasi sayap dan masyarakat umum," ujar Sekretaris DPC Gerindra Surabaya, Edi Rusianto di sela acara kemarin.

PKB dan Gerindra menyerahkan daftar calegnya secara bersama ke KPU Surabaya memang cukup atraktif menunjukkan para caleg perempuannya. dengan mengambil momen hari Kartini yang jatuh di hari Minggu kemarin, kedua partai membawa hampir semua Caleg perempuannya dengan berpakaian nasional.

Kedua partai yang mendaftar di KPU kemarin,masing-masing mengusung 17 calon perempuan dari total 50 calon yang diserahkan oleh tiap partai kepada KPU. "Kalau jumlahnya memamng sudah memenuhi kuota, tapi penempatan nomor urut masih harus kita verifikasi, sebab syarat undang-ndang memang demikian," ujar ketua KPU Surabaya, Eko Sasmito mengomentari jumlah calon perempuan yang diserahkan partai peserta pemilu.

0 comments:

Post a Comment