submitt

Calon Pasangan Bupati Lumajang 2013

9:51 PM | , , , , , , , ,

Pemilukada Lumajang tinggal sekitar 40 hari lagi, konteslasi politik di level grasst root terus  menusuk ke relung hati nurani pemilih rasional dan irasional. Bahkan, perang opini publik sudah digencarkan oleh pendukung, simpatisan dan tim sukses ke 4 pasangan cabup/cawabup :

1.    Sjharazad Masdar-As'at Malik
2.    Agus Wicaksono-KH.Adnan Syarif
3.    Ali Mudhori-Samsul Hadi
4.    Indah Pakarti-Abdul Kafi.

Pilkada langsung dikenal oleh masyarakat Lumajang pada tahun 2008 lalu untuk memilih bupati dan wakil bupatinya. Sjharazad Masdar bersama As'at Malik berhasil mengunguli, 3`paslon lainya, Umar Basor-Edi Suwarno, Nur Ha

Namun, dari sejumlah program yang dinilai bisa mendongkark suara SA'AT, adanya pemutusan KSO pemkab Lumajang dengan PT.MUTIARA HALIM. Pasalnya, aliran keuntungan dari pasir semeru mengalir pada kelompok-kelompok tertentu. Selain itu, kemenangan SA'AT, dikarenakan Sjharazad Madar dan As'at Malik bagi masyarakat bawah dikenal orang baru dan belum memiliki dosa politik. Akhirnya, SA'AT bisa melenggang dengan santai meraup suara 42 persen.

Pemilukada 2013 yang sebentar lagi digelar dan kini mulai akan masuk ke ranah Kampanye, 4 cabup/cawabup yakni Sjharazad Masdar-As'at Malik (SA'AT), Agus Wicaksono-KH.Adnan Syarif (A-RIF), Ali Mudhori-Samsul Hadi (ASA)dan Indah Pakarti-Abdul Kafi (Indah-Kafi) mulai melakukan pendekatan pada calon pemilihnya. Dari 4 paslon, hanya ada dua cabup/cawabup  yang sudah siap dalam visi misinya bila terpilih menjadi bupati dan wakil bupati.

Visi misi yang paling mengena dimasyarakat, insyallah akan dipilih oleh pemilih yang datang ke TPS. Visi Misi merupakan bagian dari bagaimana kemampuan cabup/cawabup untuk membangun Lumajang. Dari dua paslon ini ada kemiripan motto "Menuju Masyarakat Lumajang Sejahtera dan Bermartabat", dengan jargon itu siapakah yang akan menjadi pemenangnya dengan mengikat hati pemilih.

Sementara ASA dan Indah-Kafi untuk visi misi masih malu-malu kucing untuk dipublikasikan. Hal ini akan melemahkan daya tawar pada pemilih rasional dan irasional. Indah-Kafi menyampaikan visi misinya ada dihati masyarakat Lumajag dan siap memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan ASA masih belum diketahui oleh publik, mereka hanya menjual akan melakukan sejumlah perubahan pada pembangunan di Lumajang.

Visi Misi 4 paslon Cabup/Cawabup akan menjadi senjata ampuh untuk menyakinkan masyarakat pemilih. Namun, bila hanya janji saja masyarakat Lumajang masih mempertanyakan kinerjanya bila terpilih nanti.
 
Bagi 4 paslon cabup/cawabup perlu diketahui, pemilih atau masyarakat Lumajang lebih senang coba-coba mencari pemimpin. Bahkan kecenderungan suka akan hal yang baru atau tidak memiliki cacat politik di tanah airnya. Perlu diketahui, tingkat partisipasi masyarakat sangat tinggi bila program pemerintah memiliki tujuan yang bagus bagi dirinya dan lingkungan. 

Pemilih Lumajang bisa dikelompokan, NU, Muhammadiyah, Abangan, Birokrat dan Profesional. dari sekian banyak pemilih, NU dan Abangan terbanyak, NU sudah diketahui dan abangan ke PDIP dan partai sempalan gerindra. NU dan Abangan akan diincar oleh 4 paslon untuk mendapatkan hatinya.

Awas....sikap pemilih yang suka coba-coba ini, sulit diprediksi apalagi dengan kemajuan teknologi komunikasi dan media massa serta media sosial. Siapa yang mencoba-coba dari 4`paslon akan mendapat tempat dipemilih dan menjadi pemenang. Pilkada bukan hitung-hitungan seperti mata pelajaran matematika, siapa yang berani dekati pemilih coba-coba dengan visi misi tepat akan menjadi pemenang bukan pecundang.
san-Hartono, Ali Mudhori-Herman Afandi. Banyak orang menilai kemenangan dari Sjahrazada Masdar-As'at Malik (SA'AT), berkat program yang dijanjikan sangat berpihak pada masyarakat, seperti menutup bisnis pasir besi Pemkab dengan PT. Mutiara Halim, Pendidikan Gratis, Kesehatan Gratis, Ambulance Desa dan bantuan pada petani.

0 comments:

Post a Comment