submitt

Antrian BBM di Kabupaten Lumajang

8:14 PM | , , , ,

SumbersukoNews. Pemkab Lumajang meminta tambahan kuota Solar pada Pertamina. Ini karena kebijakan pengurahan pasokan Solar ke 14 SPBU di Kabupaten Lumajang mengakibatkan antrean panjang dan keresahan masyarakat. Nurul Huda Kepala Bagian Pereko

“Jika biasanya setiap SPBU dikirim DO (Delivery Order, red) atau jatah pesanan dengan jumlah 32 ton, 24 ton dan minimal 16 ton, saat ini rata dikirim 8 ton saja,” papar Ir Nurul Huda. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya kekurangan jatah konsumsi solar untuk kendaraan di Kota Pisang ini.

Terjadinya pengurangan itu, masih kata Ir Nurul Huda, disebabkan kuota ketersediaan anggaran untuk pengadaan BBM, khususnya jenis Solar bersubsidi secara nasional memang sudah menipis dan bahkan habis sejak akhir Maret lalu. “Kondisi ini yang dilaporkan Pemerintah Pusat dan terjadi secara nasional,” urai Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Lumajang ini.

Meski, lanjutnya, di Kabupaten Lumajang sendiri, dari kuota ketersediaan solar bersubsidi terdata antara permintaan dan jatah ketersediaanya masih normal, meski semakin menipis. Dimana, kuota ketersediaan BBM jenis solar di Kabupaten Lumajang untuk Tahun 2013 ini saja yang dijatah oleh Pertamina sebanyak 43.714 kilo liter selama sepanjang tahun.

Selain itu, dari kuota BBM jenis solar sebanyak 43.714 kilo liter Tahun 2013 ini. sampai Bulan April tercatat sudah mendekati angka kuota. Artinya, sudah mendekati habis perbulannya yang ditajah 3.642 kilo liter untuk seluruh SPBU. Padahal, setiap SPBU dari 14 unit yang beroperasi, rata-rata saat ini dijatah 8 ribu liter saja.

“Sejak kemarin kami sudah mengajukan surat kepada BP Migas dan Pertamina untuk menambah kuota BBM jenis solar bersubsidi ke Lumajang. Tujuannya, agar kelangkaan ini bisa diatasi, toh antara kuota ketersediaan dan tingkat konsumsinya juga masih berimbang. Namun yang terjadi belakangan ini kan karena dikuranginya jatah DO di SPBU saja, hingga menyebabkan stoknya minim dan terjadi antrian,” tegasnya.
nomian Pemkab Lumajang pada Sentral FM, Senin (15/4/2013) mengatakan pengurangan jatah distribusi BBM jenis solar ke 14 SPBU di Kabupaten Lumajang, hingga hari ini masih berlanjut.


0 comments:

Post a Comment