submitt

Demo berlangsung aman

11:23 AM | , , , , , , , , , ,

Demo Bupati
Berita Lumajang: Janji untuk melakukan aksi demo di depan Pemkab Lumajang oleh Forum Silaturahmi Wotgalih benar-benar dibuktikan, namun kali ini sayangnya aksi demo diwarnai dengan perusakan dan berbeda dengan aksi demosntrasi sebelumnya yang sudah sering dilakukan oleh Foswot, kali ini aksi yang dipusatkan di depan pemkab Lumajang berbuah perusakan. Sejumlah pendemo melakukan aksi pengrusakan terhadap fasilitas umum yang ada disekitar Pemkab Lumajang.
Semula ratusan warga yang berusaha mendesak masuk ke halaman Pemkab Lumajang menjebol pagar pintu gerbang sisi barat dan sebelumnya, dua lampu yang berada di depan pemkab juga dirusak masa juga melakuka perusakan pagar besi hingga akhirnya roboh.
Selang beberapa lama, massa lagi-lagi melakukan perusakan. Mula-mula, mereka membakar dua buah boneka berukuran besar yang memang dibawa oleh para demonstran dan diikatkan pada pagar pemkab. Aksi mereka berjalan mulus karena sama sekali tidak dihalang-halangi oleh petugas. Sesaat kemudian, replika jaran kencak dan pisang juga menjadi sasaran pendemo. Satu persatu, replika itu dirobohkan kemudian terotoar dan tulisan Pemkab Lumajang di depan kantor pemkab juga tidak luput dari aksi para demonstran.
Pihak kepolisian hanya terlihat mendokumentasikan aksi pengrusakan tersebut. Namun aksi mereka ternyata berbuah gesekan fisik dengan para demonstran. Demonstran yang tidak mau aksinya direkam menghalangi dan meminta pihak kepolisian untuk menghapus gambar mereka. Keributan pun tidak bisa dielakkan. Beruntung, keributan tidak berjalan lama karena berhasil dilerai. Petugas polisi yang mengambil gambar juga ditarik oleh petugas yang lain ke Mapolres Lumajang.
Sejatinya, Korlap aksi yang bergantian berorasi sudah meminta agar tidak ada aksi perusakan. Sebab, itu akan merugikan warga sendiri. Namun, himbauan agar tidak terjadi perusakan tidak dielakkan. Satu persatu warga bergantian melakukan aksi tersebut. Beruntung, aksi pengrusakan tidak meluas hingga massa membubarkan diri.( Ari / UPK Sumbersuko )

0 comments:

Post a Comment