submitt

Bedah Rumah UPK Sumbersuko

8:41 PM | , , , , , , , , , ,

Warga miskin (gakin) di Kecamatan Sumbersuko benar-benar beruntung dibandingkan di daerah lain. Selain mendapat berbagai pelayanan gratis, gakin Balikpapan juga mendapat kesempatan emas berupa rehab total rumahnya. Program bedah rumah seperti itu, saat ini dilakukan oleh Panitia Bedah Rumah yang dibentuk oleh Forum Musyawarah Desa Khusus di Kantor UPK Kecamatan Sumbersuko.

“Tujuan bedah rumah ini agar gakin dapat tinggal di rumah yang lebih baik dan sehat,” jelas Ketua BKAD Kecamatan Sumbersuko, Bapak SANAN di kantornya, kemarin (5/4).

Gakin yang berhak mendapatkan program rehab total, ia menerangkan, adalah gakin ber-KTP Kecamatan Sumbersuko, punya rumah yang tidak layak huni, serta tidak memiliki perkara dengan pihak manapun. 

 “Rumah GAKIN ini kami bangunkan dengan dana yang semaksimal mungkin dari Alokasi Surplus UPK Tahun Anggaran 2011,” imbuh Bapak SANAN yang sekaligus Ketua AKD Kabupaten Lumajang.
Bedah Rumah UPK PNPM Sumbersuko
Bedah Rumah di Desa Purwosono

Masih menurut dia, dana rehab bagi rumah gakin disediakan oleh UPK Kecamatan Sumbersuko dari Alokasi Surplus dibantu dengan Swadaya masyarakat sekitar dengan total dana Rp 30.000.000,- ( Tiga Puluh Juta Rupiah ). digunakan hanya untuk 6 rumah yang berada di beberapa wilayah Kecamatan Sumbersuko.

 “Tahun ini ada 6 unit rumah yang dibedah, seluruhnya sudah rampung dikerjakan dan berada di Kecamatan Sumbersuko terdiri dari 5 Desa Penerima dari 8 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Sumbersuko,” tambahnya.

Kelima Desa tadi, ia melanjutkan, banyak memiliki gakin sehingga bedah rumah dilakukan di Desa tersebut. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2009, namun dahulunya hanya di alokasikan untuk RTM berupa sembako, tapi tahun ini yang notabene Alokasinya cukup besar, maka kami membaginya menjadi dua kegiatan. Yaitu Rehab Rumah dan Sembako.
           
”Tahun ini bedah rumah dinilai berhasil dan tahun depan (2012, Red) kita menambahnya lagi, diusahakan tiap Desa mendapat jatah untuk bedah rumah,” pungkas Bapak Sanan. ( Ari*UPK Sumbersuko)

0 comments:

Post a Comment